Blog Ku

Like Fanspage Ku

×

Selasa, 28 April 2015

Perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0

USB 2.0 dan USB 3.0
Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA. 
Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk "pohon" dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.
Ketika USB dipasang, ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital.

Sampai saat ini USB sudah berkembang mulai dari vesrsi 1.0, 2,0, dan 3,0 tapi yang saya akan bahas adalah perbedaan antara USB 2.0 dan USB 3.0.Secara umum, USB 3.0 memiliki kecepatan lebih tinggi sekitar 3.2Gbps (400MB/s) dan secara teori dapat mencapai 4.8Gpbs. Kecepatan ini 6 sampai 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0. karena USB 3.0 sudah mengadopsi teknologi transfer data dua arah (full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis bersamaan (simultan). Kelebihan lain dari USB 3.0 adalah lebih hemat listrik karena tegangan listrik semula 4.4V menjadi 4V dan arusnya ditingkatkan jadi 150mA. USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat sekaligus. USB 3.0 juga mendukung idle, sleep dan suspend sehingga managemen power lebih baik.

Perangkat yang menggunakan USB 2.0 bisa disambungkan ke USB 3.0 namun perangkat USB 3.0 tidak bisa disambungkan ke USB 2.0. Misalnya kita memiliki flashdisk USB 2.0 dan kita ada komputer yang USB 3.0 nah itu bisa digunakan dengan performa terbaik USB 2.0. Namun jika flashdisk kita USB 3.0 ternyata komputer kita hanya tersedia port USB 2.0 maka pasti komputer tidak bisa mendeteksi flashdisk tersebut.

Dari kelebihan USB 3.0, masih menyisakan kekurangan. Kekurangan ini yang akhirnya menjadi  kelebihan dari USB 2.0. Kekurangan USB 3.0 antara lain :
  1. Tidak didukung oleh sistem operasi Windows XP. Namun sudah di dukung Windows 7 ke atas dan Linux.
  2. Penjang kabel maksimal 3 meter sedangkan USB 2.0 bisa mencapai 5 meter. (kekurangan ini bisa ditangani dengan menambahkan USB Hub.
  3. Kecepatan pengiriman data tidak bisa mencapai kecepatan yang optimal di semua piranti. contohnya hardisk piringan hanya terbatas kecepatan piringan tersebut berputar.



0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com